You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Semberautnya Utilitas Penyebab Genangan Jalan Wahid Hasyim
.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Utilitas Dalam Saluran Penyebab Genangan di Jl KH Wahid Hasyim

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat melakukan pengecekan saluran penghubung (PHB) sepanjang Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat. Hal ini menindaklanjuti genangan air yang terjadi dan adanya jalan yang ambles di sekitar perempatan ke Jalan Sabang.

Lebar kali dua meter ini dari Stasiun Gondangdia menuju pompa di samping Gedung Jaya. Air tidak bisa mengalir karena sampah tertahan di sepanjang utilitas

Staff Suku Dinas Sumber Daya Air, Yusuf Sumardani sebagai koordinator lapangan di lokasi mengatakan, saat dibongkar petugas menemukan sekitar 20 kabel utilitas serta pipa yang semrawut dan melintang disepanjang saluran. Hal inilah yang diketahui menjadi salah satu penyebab air mampet dan rawan membuat genangan di jalan tersebut.

"Lebar kali dua meter ini dari Stasiun Gondangdia menuju pompa di samping Gedung Jaya. Air tidak bisa mengalir karena sampah tertahan di sepanjang utilitas," ujarnya, Kamis (9/3).

Pengelolaan Pompa Underpass Kemayoran akan Diserahkan ke DKI

Menurutnya utilitas tersebut yang sebagian besar adalah pipa dan kabel seharusnya tidak ada dilokasi tersebut. Pasalnya aliran air pasti akan terhambat dan dapat berdampak banjir.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat, Dicky Suherlan mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Sudin Bina Marga Jakarta Pusat. Sebab ketentuannya kabel dan utilitas tidak boleh berada di penampang basah, terutama dipasang melintang di saluran.

"Kita sudah koordinasi, hanya kita tidak bisa tindak sebab saluran penuh utilitas. Kewenangan kita hanya memperbaiki jalan PHB tersebut agar kembali bisa dilewati masyarakat," tandasnya.

Pantauan Beritajakarta.com, sebanyak 10 orang satgas sumber daya air terlihat membersihkan saluran tersebut. Banyaknya utilitas di lokasi membuat pengerjaan pengerukan saluran dikerjakan secara manual.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye806 personFolmer